Iklan

November 30, 2016

Media Sosial Dorong Revolusi Dunia Komunikasi

CB Blogger     November 30, 2016    

Media Sosial Dorong Revolusi Dunia Komunikasi
Saat ini sedang terjadi revolusi dalam dunia komunikasi yang didorong perubahan komunikasi melalui media sosial (digital).

"Media sosial punya peran sendiri dalam berkomunikasi antar pengguna," kata praktisi media Akhyari Hananto, Rabu (30/11/2016).

Data terakhir, sekitar 2,3 miliar orang di dunia menggunakan media sosial. Hal ini, menurutnya, harus disadari dan dimanfaatkan media massa serta pejabat informasi publik bila tidak mau tergilas zaman.

Akhyari mengatakan, kekuatan media sosial dapat dilihat pengaruhnya dalam pemilihan Amerika Serikat (AS) beberapa waktu lalu. Sebelum pemilihan dimulai, Hillary Clinton diprediksi menang mudah melawan Donald Trump. Media-media arus utama (mainstream) di AS bahkan secara terang-terangan mendukung Hillary. 

"Tapi hasilnya dibalik oleh Donald Trump melalui kekuatan grassroots yang menggunakan media sosial," katanya.

Dia menjelaskan posisi pengguna internet di dunia saat ini mencapai 3,4 miliar orang. Sekitar 2,3 miliar orang pengguna media sosial dan 2 miliar pengguna mobile media sosial.

Indonesia sendiri, sekitar 127 juta pengguna internet. Dari jumlah itu, sekitar 65 persen merupakan anak-anak muda. "Mereka sangat besar, massif, dan aktif," ungkapnya.

Akhyari meminta potensi tersebut harus mampu dimanfaatkan humas dan media massa. Pengguna internet di Indonesia sangat aktif melakukan like, berkomentar, dan membagikan (share). Jadi, sebuah informasi yang dikeluarkan bisa dengan cepat menjadi viral.

"Viral ini merupakan teknologi internet yang baru. Efeknya berantai dan panjang. Akhirnya, revolusi dunia komunikasi sedang terjadi. Humas maupun media berada di dalamnya," tuturnya.

Prof Rahmah Ida lebih menyoroti posisi humas PT. Menurut dia, beberapa tahun yang lalu humas dijabat orang-orang terbuang. Dampaknya, humas menjadi institusi yang tertidur. 

Namun, belakangan ini, citra itu mulai berubah. "Bukan lagi orang-orang buangan yang menjadi humas," ujar Guru Besar FISIP Unair yang pakar komunikasi ini.

Dia menjelaskan humas dan media massa punya kepentingan berbeda. Untuk itu perlu dibangun kemitraan berdasar beberapa prinsip, di antaranya membangun hubungan yang baik dan mutual understanding atau sama-sama memahami kebutuhan.

"Yang patut diingat, masing-masing institusi punya karakteristik yang berbeda," terang Ketua Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Jatim itu.(ANTARA).*

Related Posts

0 komentar :

Copyright © CB Blogger Times. All rights reserved